---:::selamat belajar:::semoga sukses:::---
RSS Feed

KARAKTER TANAMAN PISANG

Posted by Akhyarii

Karakterisasi merupakan proses mencari ciri spesifik yang dimiliki oleh tumbuhan yang digunakan untuk membedakan diantara jenis dan antarindividu dalam satu jenis suatu tumbuhan. Berikut ini merupakan karakterisasi tanaman pisang yang diadaptasi dari International Plant Genetic Resources Institute (IPGRI), 1996.
1.       Ketinggian tanaman
Tidak semua tanaman pisang memiliki ketinggian yang sama. Ketinggian tanaman pisang terbagi menjadi: (a) kerdil, dan (b) normal. Ketinggian tanaman pisang yang kurang dari 1 meter termasuk tanaman yang kerdil, sedangkan ketinggian tanaman lebih dari 1 meter termasuk normal.
 Gambar 14. Karakter berdasarkan ketinggian tanaman pisang.
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
2.      Ketegakan daun
Ketegakan daun yang dimiliki pisang mas pun berbeda-beda. Ada yang memiliki ketegakan daun: (a) tegak, (b) menengah (intermediate), dan (c)melengkung kebawah.

(Sumber : IPGRI, 1996: 22)
Gambar 15. Karakter berdasarkan ketegakan daun
 (Sumber: Dokumentasi penelitian)
3.       Warna batang semu
Batang pada tanaman pisang yang sering kita lihat itu sebenarnya bukanlah batang yang sesungguhnya. Batang yang sesungguhnya terletak jauh di dalam dan tertutupi oleh pelepah-pelepah daun pisang. Pelepah-pelepah daun pisang ini sering disebut dengan sebutan batang semu. Ada beberapa variasi warna yang terjadi pada batang semu, antara lain: (a) kuning, (b) kuning kehijauan, (c) merah kehijauan, (d) hijau, (e) merah, (f) merah muda keunguan.
 Gambar 16. Karakter berdasarkan warna batang semu
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
4.      Warna tepi tangkai daun
Pada tepi tangkai daun tanaman pisang terdapat variasi warna. Ada yang berwarna antara lain:(a) hijau, (b) hitam, dan (c) merah muda keunguan.
Gambar 17. Karakter berdasarkan warna tepi tangkai daun
 (Sumber: Dokumentasi penelitian)
5.       Bercak pada batang semu
Pada pisang mas mamiliki bercak batang semu yang berbeda-beda, ada yang berwarna: (a) merah, (b) keunguan, dan (c) berwarna coklat.
Gambar 18. Karakter berdasarkan bercak pada batang semu
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
6.       Keadaan tepi tangkai daun
Keadaan tepi tangkai daun pun dapat dibedakan. Ada yang memiliki tepi tangkai daun: (a) bersayap dan menjepit batang, (b) bersayap dan tidak menjepit batang, dan (c)bersayap dan bergelombang.
Gambar 19. Karakter berdasarkan keadaan tepi tangkai daun
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
7.      Bentuk pangkal daun
Bentuk pangkal daun yang dapat kita amati dari jenis tanaman pisang mas memiliki variasi. Terdapat 3 variasi bentuk pangkal daun pada tanaman pisang mas yaitu dengan bentuk pangkal daun (a) membulat keduanya, (b) salah satu sisi membulat dan (c) bentuk pangkal daun yang meruncing keduanya.

(Sumber : IPGRI, 1996: 29)
 Gambar 20. Karakter berdasarkan bentuk pangkal daun
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
8.      Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga)
Tipe kanal ini dapat kita lihat jika kita memotong melintang tangkai daun pisang (tangkai daun yang ketiga). Terdapat bentuk tipe kanal yang berbeda dari jenis tanaman pisang mas, yaitu: (a) terbuka dengan tepi yang melebar kesamping, (b) terbuka dengan tepi yang melebar dan tegak, (c) lurus dengan tepi tegak, (d) tepi menutup, dan (e) tepi saling menutupi.

(Sumber : IPGRI, 1996: 27)
 Gambar 21. Karakter berdasarkan tipe kanal
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
9.        Bercak pada pangkal tangkai daun
Apabila kita mengamati pada pangkal tangkai daun terdapat bentuk bercak yang berbeda yaitu: (a) bercak kecil, (b) bercak besar, dan (c) tidak memiliki bercak (tanpa bercak).
 Gambar 22. Karakter berdasarkan bercak pada pangkal tangkai daun
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
10.        Warna bercak tangkai daun
Warna bercak pada tangkai daun dapat dibedakan lagi dari warnanya. Ada bercak tangkai yang berwarna: (a) coklat, (b) coklat tua, dan (c) coklat kehitaman.
 Gambar 23. Karakter berdasarkan warna bercak tangkai daun
(Sumber: Dokumentasi penelitian)
11.      Warna helaian daun bagian permukaan atas dan bawah
Warna helaian daun bagian permukaan atas berbeda dengan warna bagian permukaan bawah pada setiap tanaman. Pada permukaan atas daun terdapat warna: (a)hijau kekuningan, (b) hijau sedang, dan (c) hijau. Pada bagian permukaan bawah terdapat warna: (a) hijau kekuningan, (b) hijau sedang, dan adapula yang berwarna (c) merah keunguan.
1.      Warna daun permukaan atas

2.      Warna daun permukaan bawah
 (Sumber: Dokumentasi penelitian)

2 komentar:

  1. adiseo

    Makasih ya atas informasi yang diberikan sangat bermanfaat gan...
    Salam kenal gan dari Manisan kolang kaling

  1. Unknown

    Makasih infonya....lumayan tuk nambah reference....:)

Posting Komentar