---:::selamat belajar:::semoga sukses:::---
RSS Feed

2. Keanekaragaman Tingkat Jenis

Posted by Akhyari hidayah

Apakah kalian tahu keanekaragaman tingkat jenis? Bagaimanakah keanekaragaman tingkat jenis itu? Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tumbuhan atau hewan kalian dapat mengamati antara lain berdasarkan ciri-ciri fisiknya. Misalnya bentuk dan ukuran,warna, kebiasaan hidup dan lain-lain.
Contoh dalam keluarga Musaceae, antara lain; pisang mas, pisang raja, dan pisang klutuk. Untuk mengetahui keanekaragaman hayati tingkat jenis pada tanaman pisang, kita juga dapat mengamati ciri vegetatif atau karakter morfologinya. Di antara jenis pisang tersebut kita dapat membedakannya, karena antara mereka ditemukan ciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. Misalnya ketegakan daun, warna batang semu, warna tepi tangkai daun, bentuk kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga), dan lainnya. Untuk mengetahui karakter tanaman pisang menurut International Plant Genetic Resources Institute (IPGRI), 1996 silahkan Klik Disini.
Pisang mempunyai keanekaragaman jenis, pada keluarga Musaceae (pisang-pisangan) di bagi menjadi 3 jenis yaitu Musa acuminata, Musa balbisiana, dan Musa paradisisaca. Contoh dari jenis Musa acuminata yaitu pisang mas. Pisang mas memiliki genom diploid AA.
Coba perhatikan perbedaan sifat/karakter tanaman pisang mas (Musa acuminata) dari hasil pengamatan berikut ini.
No.
Jenis kultivar tanaman pisang
Karakter tanaman
1.
Mas lumut

Ketegakan daunnya tegak, tinggi tanaman normal, warna batang semu kuning, bercak pada batang semu merah, memiliki bercak besar pada pangkal tangkai daun dengan warna bercak coklat. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe lurus dengan tepi tegak, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan menjepit batang, warna tepi tangkai daun merah muda keunguan-merah. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun meruncing keduanya. Warna helaian daun bagian atas hijau sedang dan warna helaian daun bagian bawah hijau kekuningan.

2.
Mas bunga

Ketegakan daunnya tegak, tinggi tanaman normal, warna batang semu merah kehijauan, bercak pada batang semu merah, memiliki bercak besar pada pangkal tangkai daun dengan warna bercak coklat. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe terbuka dengan tepi melebar kesamping, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan menjepit batang, warna tepi tangkai daun merah muda keunguan. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya meruncing. Warna helaian daun bagian atas hijau kekuningan dan warna helaian daun bagian bawah hijau sedang.
3.
Mas soponyono
 

Ketegakan daunnya tegak, tinggi tanaman normal, warna batang semu kehijauan kekuningan, bercak pada batang semu coklat, memiliki bercak besar pada pangkal tangkai daun dengan warna bercak coklat. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe terbuka dengan tepi melebar kesamping, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan tidak menjepit batang, warna tepi tangkai daun merah muda keunguan. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya meruncing. Warna helaian daun bagian atas hijau kekuningan dan warna helaian daun bagian bawah hijau kekuningan.
 (Sumber : Dokumentasi penelitian)

Jenis pisang yang kedua yaitu Musa balbisiana. Salah satu contoh pisang Musa balbisiana adalah pisang kluthuk. Pisang kluthuk ini mempunyai genom BB. Jenis pisang kluthuk yang akan dibahas adalah pisang kluthuk wulung, kluthuk warangan dan kluthuk.
Coba perhatikan perbedaan sifat/karakter tanaman pisang kluthuk (Musa balbisiana) dari hasil pengamatan berikut ini.
No.
Jenis kultivar tanaman pisang
Karakter tanaman
1.
Kluthuk

Ketegakan daunnya menengah, tinggi tanaman normal, warna batang semu kuning, bercak pada batang semu coklat, memiliki bercak besar pada pangkal tangkai daun dan bercak berwarna hitam. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe menutup, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan tidak menjepit batang, warna tepi tangkai daun hitam. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau tua dan warna helaian daun bagian bawah hijau sedang.
2.
Kluthuk warangan
Ketegakan daunnya melengkung ke bawah, tinggi tanaman termasuk tanaman tinggi, warna batang semu hijau kekuningan, bercak pada batang semu coklat kehitaman, memiliki bercak kecil dan sedikit pada pangkal tangkai daun, warna bercak coklat kehitaman. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe menutup, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan menjepit batang, warna tepi tangkai daun hitam. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau kekuningan dan warna helaian daun bagian bawah hijau sedang.
3.
Kluthuk wulung

Ketegakan daunnya tegak, tinggi tanaman termasuk tanaman tinggi, warna batang semu hijau kehitaman, bercak pada batang semu coklat, tidak memiliki bercak pada pangkal tangkai daun. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe menutup, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan menjepit batang, warna tepi tangkai daun hitam. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau tua dan warna helaian daun bagian bawah hijau sedang.
(Sumber : Dokumentasi penelitian)

Pisang yang ketiga merupakan jenis Musa paradisiaca merupakan pisang hasil persilangan antara pisang Musa acuminata yang bergenom AA dengan Musa balbisiana yang bergenom BB. Pisang Musa paradisiaca ini yang sering kita jumpai. Pisang jenis Musa paradisiaca ada yang termasuk pisang buah ada pula yang termasuk dalam pisang olahan/masak. Salah satu contoh pisang Musa paradisiaca yaitu pisang raja.
Coba perhatikan perbedaan sifat/karakter tanaman pisang raja (Musa paradisiaca) dari hasil pengamatan berikut ini.
No.
Jenis kultivar tanaman pisang
Karakter tanaman
1.
Raja lini

Ketegakan daunnya melengkung ke bawah, tinggi tanaman normal, warna batang semu hijau kekuningan, bercak pada batang semu coklat kehitaman, memiliki bercak kecil dan sedikit pada pangkal tangkai daun, warna bercak hitam. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe terbuka, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan tidak menjepit batang, warna tepi tangkai daun merah muda keunguan-merah. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau dan warna helaian daun bagian bawah hijau kekuningan.
2.
Raja nangka

Ketegakan daunnya melengkung ke bawah, tinggi normal, warna batang semu hijau kekuningan, bercak pada batang semu merah, tidak memiliki pada pangkal tangkai daun. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe terbuka, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan bergelombang, warna tepi tangkai daun merah muda keunguan-merah. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau kekuningan dan warna helaian daun bagian bawah hijau sedang.  
3.
Raja pendopo

Ketegakan daunnya melengkung ke bawah, tinggi tanaman normal, warna batang semu hijau kekuningan, bercak pada batang semu coklat, tidak memiliki pada pangkal tangkai daun. Tipe kanal (potongan melintang tangkai daun ketiga) termasuk tipe tertutup, keadaan tepi tangkai daun bersayap dan menjepit batang, warna tepi tangkai daun hitam. Pewarnaan tepi tangkai sepanjang tangkai daun, bentuk pangkal daun keduanya membulat. Warna helaian daun bagian atas hijau dan warna helaian daun bagian bawah hijau kekuningan.
(Sumber : Dokumentasi penelitian)

Meskipun tanaman pisang tersebut masih dalam satu kelompok tanaman pisang-pisangan (Musaceae), masing-masing tanaman memiliki ciri morfologi/ karakteristik yang berbeda.  Di antara jenis pisang-pisangan tersebut kalian dapat dengan mudah membedakannya, karena antara mereka ditemukan ciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. Coba kalian identifikasi perbedaan dari ketiga jenis pisang tersebut berdasarkan karakteristik/ciri morfologi di atas!
Adapun perbedaan antara jenis tanaman pisang tersebut terletak antara lain sebagai berikut:
1.              Bentuk penampang melintang dari kanal tangkai daun.
Pada jenis Musa acuminata memiliki bentuk kanal terbuka, pada jenis Musa balbisiana memiliki bentuk kanal  menutup atau bertindihan, sedangkan pada Musa paradisiaca memiliki bentuk kanal ada yang terbuka misalnya pada Pisang Raja lini dan raja nangka dan ada yang tertutup misalnya pada Pisang Raja pendopo.
2.              Warna batang semu
Pada jenis Musa acuminata memiliki warna batang semu cendrung berwarna kuning-hijau kekuningan-merah,  pada jenis Musa balbisiana memiliki warna batang semu cendrung hijau-hijau tua (kehitaman),  sedangkan pada Musa paradisiaca memiliki warna batang semu cendrung berwarna hijau kekuningan-hijau.
3.              Arah pelepah daun
Perbedaan yang terlihat pada kelompok tanaman pisang jenis Musa balbisiana yaitu arah pelepah daun cenderung ke arah vertikal sedangkan pada Musa acuminata,dan Musa paradisiaca arah pelepah daun horizontal.
Pisang termasuk dalam tanaman budidaya yang merupakan keturunan dari Musa acuminata yang diploid dan tumbuh liar. Genom yang disumbangkan diberi simbol A. Sedangkan Musa balbisiana memiliki genom baru dengan simbol B. Persilangan alami antara Musa acuminata dengan Musa balbisiana menyebabkan bervariasinya jenis-jenis pisang. Pengaruh genom B terutama terlihat pada kandungan tepung pada buah yang lebih tinggi. Secara umum, genom A menyumbang karakter ke arah buah meja (banana), sementara genom B ke arah buah pisang olah/masak (plantain). Hibrida Musa acuminata dengan Musa balbisiana ini dikenal sebagai Musa paradisiaca. Dalam keluarga Musaceae (pisang-pisangan) memiliki keanekaragaman jenis yang tinggi. Contoh tanaman pisang jenis Musa acuminata yaitu pisang mas (genom AA), Musa balbisiana yaitu pisang kluthuk (genom BB), dan untuk jenis Musa paradisiaca yaitu misalnya pada pisang raja lini (genom AAB), raja nangka (bergenom AAB), dan raja pendopo (bergenom ABB).
Demikian pula pada kelompok tumbuhan yang tumbuh di dataran tinggi dan dataran rendah akan memperlihatkan perbedaan-perbedaan sifat pada tinggi batang, daun dan bunga. Contohnya kelapa, aren, pinang, dan lontar. Di antara jenis tanaman pada suku Palmae tersebut kita dapat dengan mudah membedakannya, karena antara mereka ditemukan ciri-ciri yang berbeda antara ciri satu dengan yang lainnya. Misalnya ukuran tubuh atau batang (ada yang tinggi dan pendek); kebiasaan hidup, bentuk daun, buah, serta bentuk bunganya. Variasi pada kelompok suku Palmae ini menunjukkan keanekaragaman pada tingkat jenis.

2 komentar:

  1. Viruz Green Day

    anak uny 07 ta? hehe salam superr!!

  1. Okti H

    aslmkm.wr.wb. Selamat malam perkenalkan nama saya okti saya dari politeknik banjarnegara sekarang sedang penelitian karakterisasi pisang juga untuk jenis pisang lokal banjarnegara menggunakan IPGRI. tapi saya agak kesulitan mencari referensi yang lengkap. saya baca di blog mba akhyari ini lengkap sekali. kalau berkenan apakah saya bisa mengakses jurnal atau penelitian mb akhyari sebagai referensi?kalau boleh kira-kira linknya dimana?terimakasih banyak sebelumnya>semoga sukses.
    wassalau'alaikum.wr.wb
    okti hanayanti

Poskan Komentar